Categories
informasi bisnis

Apa Itu Kredit Usaha Rakyat

Sebagian dari Anda pasti sudah pernah mendengar tentang kredit usaha rakyat atau KUR. Di mana kredit yang satu ini memiliki pengertian dan tujuan sendiri. Kredit ini ditujukan untuk para pengusaha mikro dan membutuhkan dana. Tapi, sebenarnya apa itu Kredit Usaha Rakyat? Apa saja tujuannya serta bagaimana cara mengajukannya? Ikuti terus ulasannya di bawah ini. 

Pengertian Kredit Usaha Rakyat 

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program milik pemerintah dalam meningkatkan pembiayaan bagi UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang mana program KUR ini disalurkan oleh lembaga-lembaga keuangan dengan cara atau pola penjaminan. Program KUR ini dimaksudkan agar dapat memperkuat permodalan usaha dalam melaksanakan kebijakan mempercepat pengembangan UMKM dan sektor riil.

Pembiayaan tersebut berasal dari dana milik perbankan atau lembaga keuangan penyalur KUR, dana tersebut merupakan dana modal kerja, juga investasi yang akan disalurkan untuk para pelaku UMKM baik perseorangan, maupun Badan usaha yang layak dan memiliki badan usaha namun tidak memiliki agunan.

Tujuan dari Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Setiap program yang dibuat tentu memiliki tujuan, begitu pula dengan program KUR ini. Tujuan dibuatnya program KUR yang utama adalah untuk membantu pengusaha UMKM agar dapat menyenangkan usaha mereka sehingga dapat membuat atau membuka lapangan pekerjaan dan membantu mengurangi masalah kemiskinan di Indonesia.

Karenanya pemerintah banyak mengeluarkan kebijakan kebijakan dalam hal pengembangan dan serta melakukan pemberdayaan untuk meningkatkan UMKM dan sektor riil. Berikut adalah pemberdayaan dan pengembangan yang dimaksud :

  • Pengembangan dalam sektor kewirausahaan
  • Meningkatkan akses sumber pembiayaan
  • Meningkatkan produk UMKM
  • Reformasi regulasi UMKM

Cara mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Peminat dari program KUR ini tentu sangat banyak, namun tidak serta merta mereka yang mengajukan pinjaman akan langsung mendapatkannya. Banyak pula yang ingin melakukan pengajuan tapi masih bingung dengan prosedurnya. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan bila ingin mendapatkannya pinjaman KUR :

  • Usaha yang dimiliki adalah usaha yang produktif. Maksudnya adalah usaha tersebut merupakan usaha yang dapat meningkatkan kreativitas dan aktivitas positif di lingkungan tempat usaha atau usaha yang dijalankan berada di daerah terpencil yang memang membutuhkan bantuan ekonomi. Misal dengan membuat usaha rakyat, seperti kerajinan tangan dengan bahan yang hanya dapat ditemukan di daerah tersebut atau dalam bidang peternakan, perikanan dan juga usaha lainnya.
  • Menyiapkan dokumen dan berkas yang dibutuhkan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), surat domisili, SIUP, akta pendidikan usaha, laporan keuangan dan dokumen pendukung lain yg akan diminta oleh pihak bank atau koperasi.
  • Silahkan datang ke lembaga keuangan atau bank dan koperasi yang memang memberikan layanan KUR. Tanyakan secara detail informasi mengenai layanan KUR.
  • Jika semua sudah sesuai dengan yang minta oleh pihak bank atau koperasi, nanti akan ada petugas dari pihak perbankan yang melakukan survei dan mengecek kebenaran tentang usaha yang dimiliki. Apabila usaha tersebut memenuhi kriteria, maka pencairan dana dapat segera dilakukan.

Persyaratan untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bila ingin mengajukan sebuah pinjaman atau kredit, pasti akan ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam, berikut ini adalah persyaratan yang biasanya akan diminta oleh pihak bank secara umum :

  • Individu atau perseorangan atau kelompok usaha.
  • Usaha telah berjalan minimum 6 bulan.
  • Menjalankan usaha tersebut di salah satu platform e-commerce (Tokopedia, Shoppe, dll).
  • Tidak sedang atau memiliki kredit pada pihak perbankan lain kecuali KPR, kartu kredit atau Kredit kendaraan bermotor dll.
  • Syarat administrasi lainnya, berupa Kartu keluarga, KTP, SIUP atau surat usaha yg dikeluarkan oleh pihak e-commerce dan dokumen pendukung lain yang diminta oleh pihak lembaga perbankan.

Tips agar pengajuan KUR mudah disetujui

  • Pastikan dokumen yang diajukan sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak bank atau koperasi.
  • Pastikan jika tidak memiliki kredit macet pada lembaga perbankan yang menyebabkan nama anda sebagai peminjam di blacklist.
  • Tujuan pengajuan harus jelas, karena tujuan KUR adalah untuk membantu usaha rakyat atau UMKM, jadi pastikan jika anda sudah memiliki usaha yang pasti dan tepat.
  • Usaha tersebut haruslah usaha yang aktif, misal usaha kerajinan atau kegiatan yang menggunakan sumber daya dari orang-orang disekitar lingkungan tempat usaha.
  • Perhitungkan dengan baik jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Tujuannya agar dapat membayar sesuai dengan kemampuan. Buatlah terlebih dahulu perinciannya, misal untuk peralatan, membayar pengrajin atau pekerja, dan biaya lain-lain. Jika sudah menetapkan angka pasti, silahkan mulai membuat pengajuan.

Seperti yang sebelumnya telah disinggung, bila program KUR ini merupakan program yang dibuat untuk menunjang dan meningkatkan juga membantu UMKM. Karenanya sangat diharapkan jika program ini benar-benar dapat tepat pada sasarannya, beberapa sektor yang diharapkan dapat merasakan program KUR ini seperti sektor pertanian, perikanan, perindustrian, jasa keuangan (simpan-pinjam), dan juga kehutanan.