Categories
serba serbi

Contoh-contoh Etika Dalam Berbisnis

Dalam menjalankan kehidupan, sudah pasti ada aturan yang harus dituruti. Ada aturan yang tertulis, ada pula aturan yang tidak tertulis. Untuk aturan tidak tertulis ini disebut dengan etika dan merupakan pedoman bagi manusia dalam menjalankan mana benar dan salah. Etika ini tidak hanya dibutuhkan dalam kehidupan biasa, tapi juga dalam berbisnis. Dengan demikian, apa saja contoh etika dalam berbisnis? Simak ulasannya berikut ini. 

Contoh Etika Dalam Berbisnis 

Etika dalam bisnis memiliki beberapa tujuan tersendiri dan tentu saja sangat diperlukan. Semisalnya agar pemilik dapat menjalankan dan mampu menciptakan management bisnis yang baik, sehingga masyarakat pun bisa percaya. Adanya tujuan tersebut, maka penting bagi Anda untuk mengetahui contoh etika dalam berbisnis. Berikut ini contohnya: 

  • Jujur 

Etika pertama yang sangat Anda perlukan dalam berbisnis adalah jujur. Berbisnis dengan jujur adalah salah satu nilai dasar yang sangat Anda perlukan. Ketika Anda tidak jujur dalam berbisnis, sudah pasti sudah tidak akan ada yang percaya lagi. 

Banyak sekali kasus bisnis hancur ketika pemilik tidak jujur. Karena untuk mengembalikan kepercayaan tidaklah mudah, bahkan hampir tidak mungkin. Maka daripada itu, lebih baik Anda tetap mempertahankan kejujuran dalam berbisnis. 

  • Sikap dewasa 

Ketika Anda menjalankan bisnis, bersikap dewasa sangatlah penting. Anda tidak boleh bersikap terlalu egois. Dalam bisnis Anda harus bisa memikirkan banyak orang dan mana saja keputusan yang bisa menguntungkan segala pihak. Karena dalam berbisnis Anda akan selalu bekerja sama dengan orang lain, sehingga bersikap dewasa harus Anda terapkan. 

  • Gunakan pakaian rapi

Etika selanjutnya yang juga harus ada dalam berbisnis adalah menggunakan pakaian rapi. Sebenarnya, berpakaian rapi adalah salah satu hal yang perlu dilakukan setiap hari. Semenjak sekolah, menggunakan pakaian rapi memang sudah diajarkan. Etika yang satu ini membuat diri Anda akan semakin percaya diri dan orang yang melihat pun juga ikut senang.

  • Sebutkan nama 

Menyebutkan nama diri sendiri pada saat berkenalan sangatlah penting. Biasanya hal ini sendiri dilakukan ketika Anda bertemu dengan orang baru atau mempresentasikan projek di depan banyak orang. Menyebutkan diri sendiri menunjukan bahwa Anda adalah pribadi yang sopan dan juga menghargai orang lain. 

  • Ucapkan terima kasih 

Hal yang satu sangatlah sederhana, tapi banyak sekali yang meremehkan. Mengucapkan terima kasih adalah salah satu etika yang juga sudah diajarkan semenjak kecil. Tindakan ini harus Anda bawa ketika menjalankan bisnis. Mengucapkan terima kasih dalam hal-hal kecil akan sangat membantu menciptakan lingkungan bisnis yang lebih nyaman. Karena setiap orang akan merasa dihargai. 

  • Mengucapkan tolong 

Sama dengan mengatakan terima kasih, mengucapkan kata tolong pun juga tidak kalah pentingnya. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa Anda tidak mungkin membangun bisnis sendirian, pasti membutuhkan bantuan orang lain. Sehingga, ketika Anda meminta bantuan walaupun dalam hal kecil, kata tolong sebisa mungkin diucapkan. Impactnya pun sama dengan kata terima kasih, di mana ini membuktikan bahwa Anda menghargai orang lain. 

  • Hindari berbicara di luar topik

Saat Anda sedang berbisnis, maka ada baiknya Anda menggunakan bahasa dan tutur kata yang baik. Hindari berbicara di luar topik yang sedang dibahas. Anda tidak perlu menceritakan masalah pribadi, tidak menjelek-jelekan suku dan agama serta jangan pernah membandingkan keburukan. Hal ini sendiri sangatlah fatal akibatnya jika Anda tetap melakukannya. Karena orang lain dapat menilai bahwa Anda tidak mempunyai toleransi. 

  • Sopan 

Contoh etika selanjutnya yang juga perlu Anda miliki adalah bersikap sopan. Menjunjung sopan santun pada saat bertemu siapapun baik itu karyawan atau pun partner akan memberikan kesan yang sangat baik. Tidak hanya itu saja, Anda pun akan diingat oleh orang lain sebagai pribadi yang mempunyai etika dan juga baik. 

  • Berdiri ketika berkenalan

Untuk yang satu ini juga etika saat berkenalan, di mana selain pertama kali menyebutkan nama, sebisa mungkin Anda sambil berdiri. Sangatlah penting sekali Anda untuk membiasakan diri untuk berdiri ketika berkenalan. Karena ini akan memberikan kesan bahwa Anda menghargai orang yang baru saja dikenal. 

  • Jangan ragu membayar ketika mengundang seseorang

Etika terakhir yang harus Anda jaga adalah jangan pernah ragu untuk membayar makanan atau minuman ketika Anda mengundang seseorang untuk bertemu di luar. Tidak mungkin, tamu yang membayarnya karena dalam hal ini Anda adalah si tuan rumah yang harus memberikan kesan baik.

Menerapkan etika dalam berbisnis sangatlah penting, karena ini menyangkut nama baik Anda serta perusahaan. Bahkan, ketika Anda menjadi pemilik pun tidak bisa memperlakukan karyawan seenaknya saja. Anda harus ingat bahwa tanpa karyawan, sudah pasti perusahaan bisnis tidak akan berkembang. Jadi, belajarlah untuk menerapkan etika ini baik dalam kehidupan sehari-hari dan juga bisnis.