Categories
tips bisnis

Ingin Memulai Bisnis Sebagai Tour Guide? Ini Langkah-Langkahnya

Anda menyukai kegiatan traveling? Bagaimana jika hobi tersebut digunakan sebagai peluang usaha yang tentunya akan sangat menguntungkan. Namun, sebelum memutuskan untuk membuka bisnis tour guide ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar bisnis tersebut berjalan lancar.

Langkah-Langkah Memulai Jasa Tour Guide

Jika Anda menyukai atau hobi traveling mengapa tidak dimanfaatkan saja untuk membuka sebuah bisnis yang pastinya akan sangat menguntungkan, baik untuk Anda dan orang lain. Bisnis tersebut adalah membuka jasa tour guide, tertarik? Simak langkah-langkah berikut :

  • Mengenal bisnis tour guide

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami seluk beluk tentang bisnis tour guide.  Usaha ini merupakan suatu jenis usaha dalam bidang jasa, yaitu menawarkan diri untuk membantu para wisatawan yang membutuhkan pemandu wisata.

Dengan meningkatnya kebutuhan setiap orang akan berwisata, memberikan sebuah peluang yang besar untuk jasa tour guide apabila dapat dijalankan secara benar dan juga baik. Hal utama dari bisnis pemandu wisata adalah memanfaatkan pesona dari lokasi di daerah tersebut, lagipula memulai usaha ini Anda tidak harus mengeluarkan modal besar.

  • Mempelajari dan mengenali lokasi-lokasi wisata

Sebelum memulai bisnis tour guide Anda harus mempelajari juga mengenali lokasi wisata yang akan menjadi tempat tujuan, seperti sejarah, penginapan, kuliner khas setempat serta apapun yang mungkin ditanyakan pelanggan.

  • Bisa mengajak teman yang pintar bahasa asing

Hal terpenting lainnya dalam bisnis tour guide, yaitu keahlian berbahasa asing apalagi bahasa inggris. Mengapa kemampuan ini terbilang faktor penting? Karena kemungkinan Anda bisa mendapatkan pelanggan dari mancanegara.

Namun, bila kemampuan Anda tidak terlalu baik. Ada baiknya bekerja sama dengan teman yang memiliki keahlian berbahasa asing yang lebih bagus. Selain memberikan keuntungan untuk bisnis Anda, tentunya teman Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan.

  • Bekerjasamalah dengan penyewaan kendaraan dan penginapan

Hal terpenting dalam jasa tour guide adalah transportasi. Karena tentunya untuk menuju lokasi wisata Anda membutuhkan kendaraan. Jadi, ada baiknya jika Anda melakukan sebuah kerjasama dengan tempat persewaan bus atau mobil.

Kerjasama yang Anda lakukan dengan pihak persewaan kendaraan, merupakan sebuah hubungan simbiosis mutualisme yang artinya saling menguntungkan. Selain itu, ada baiknya juga untuk melakukan kongsi dengan pihak penginapan yang ada di sekitar lokasi wisata. Hal ini nantinya akan memudahkan Anda ketika membutuhkan tempat menginap.

  • Ramah

Bersikap ramah adalah hal yang paling penting dalam bisnis jasa apapun itu dan akan sangat mempengaruhi kesuksesan dari bisnis dalam bidang pariwisata. Keramahan seorang tour guide bisa membuat pelanggan merasa nyaman ketika ditemani oleh Anda.

Ketika pengguna jasa Anda merasa nyaman, tentunya mereka akan kembali menggunakan atau bahkan dengan senang hati memperkenalkan Anda kepada teman atau kerabatnya ketika ingin berlibur.

  • Manfaatkan media sosial serta website

Bila ingin mempromosikan lokasi wisata yang ada di wilayah tempat tinggal Anda, manfaatkan media sosial dan juga website. Buatlah akun khusus untuk mempromosikannya agar lebih mudah menarik minat wisatawan.

Manfaat Menjadi Tour Guide

Setiap pekerjaan dan usaha pasti memiliki manfaat bagi pelakunya serta akan ada suka duka yang Anda rasakan. Mengunjungi satu lokasi wisata ke lokasi lain bersama dengan wisatawan yang menggunakan jasa Anda, menjelaskan sejarah juga budaya pada turis, menjawab pertanyaan dan lain sebagainya.

Tentu akan campur aduk rasanya, senang, lelah, jengkel juga terkadang akan terasa lucu. Namun, bila Anda melihat dari sisi positifnya dengan menjadi seorang tour guide membuat Anda memiliki banyak pengalaman yang berguna bagi kehidupan.

  1. Dengan menjadi seorang pemandu wisata, Anda dituntut untuk menjadi sosok yang mudah diajak berkomunikasi. Hal ini dikarenakan agar wisatawan yang Anda pandu merasa nyaman dan tidak segan untuk bertanya.
  2. Tentu akan menyenangkan jika bisa traveling secara gratis, itulah salah satu keuntungan dari seorang tour guide. Anda akan bisa mengunjungi berbagai macam lokasi wisata secara cuma-Cuma, hanya berbekalkan pengetahuan tentang tempat tujuan wisata tersebut. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing.
  3. Menjadi seorang pemandu wisata merupakan hal yang menyenangkan, karena Anda dapat bertemu dengan banyak orang. Apalagi jika Anda adalah pribadi yang memang senang menambah kenalan. 
  4. Sebagai tour guide menjadikan Anda sebagai pribadi yang lebih mandiri, hal tersebut dikarenakan profesi pemandu wisata sama saja seperti Anda menjadi seorang pemimpin. Karena ketika terjadi masalah pada orang-orang yang di pandu, Anda wajib mencarikan solusinya.
  5. Dengan menjadi tour guide, secara tidak langsung pola pikir Anda pun akan lebih cepat tanggap. Hal tersebut disebabkan oleh pertanyaan-pertanyaan yang sering terlontar dari para turis.
  6. Tentu akan sangat membahagiakan, ketika Anda mendapatkan bayaran yang lebih besar dari pelanggan.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda lakukan dan terapkan sebelum memutuskan membuka usaha jasa tour guide, lalu manfaat serta keuntungan yang akan Anda dapatkan sebagai seorang pemandu wisata.