Categories
tips bisnis

Cara-cara Mendapatkan Modal Usaha

membuat suatu usaha atau bisnis memang bukan perkara yang mudah, banyak kendala dari segi kemampuan sumber daya manusia hingga dari sisi modal utama yang untuk mengembangkan usaha atau bisnisnya. modal usaha tidak bisa terpisahkan dalam perkembangan dan kegiatan lain aktivitas usaha atau bisnis. apalagi jika pengusaha yang memiliki modal terbatas, bisa jadi ide dan inovasinya juga terbatas, sedangkan jika memiliki modal yang besar, ide dan inovasi tidak akan terhambat karena minimnya modal.

Secara Harfiah modal usaha adalah sejumlah nominal uang atau bisa jadi nilai komoditas yang dipergunakan untuk melakukan aktivitas pekerjaan atau usaha, modal ini sangat penting bagi perusahaan atau suatu badan usaha dari modal kecil hingga modal yang besar pasti membutuhkannya. modal juga bisa diartikan aset utama suatu perusahaan untuk menjalankan operasional perusahaan, biasanya bisa berupa uang, aset berjalan dan juga hutang. dengan adanya modal proses produksi suatu perusahaan akan berjalan dengan lancar.

Jenis Modal Usaha

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa sumber modal yang bisa didapatkan oleh suatu perusahaan sehingga dapat membuat perusahaan tersebut berkembang dan berjalan dengan jangka waktu yang lama, 

  1. Modal Internal
    jenis modal usaha yang pertama adalah modal didapat dari kekayaan internal suatu perusahaan itu sendiri, yaitu modal dari pemilik perusahaan, investor, penjualan surat berharga, atau bisa jadi dari keuntungan perusahaan yang sudah berjalan dalam periode tertentu. 
  2. Modal Kreditur atau Eksternal
    Jenis modal selanjutnya adalah modal yang didapat dari luar sumber kekayaan  perusahaan, seperti dari kreditur, koperasi hingga pinjaman personal.

    Modal eksternal ini biasanya didapatkan karena perusahaan tersebut kurang memiliki modal internal, lalu memilih untuk melakukan pinjaman supaya operasional, produksi akan tetap berjalan dengan semestinya namun perusahaan harus membayar cicilan maupun bagi hasil untuk laba dari penjualan setiap bulannya. 
  3. Modal Perseorangan
    Jenis modal usaha selanjutnya yang bersumber dari personal atau modal pribadi untuk membiayai aktivitas bisnisnya, biasanya usaha yang dilakukan modal perseorangan merupakan aktivitas usaha menengah ke bawah, misalnya toko retail, investasi saham, deposito dan lain sebagainya. 
  4. Modal Sosial
    Jenis modal selanjutnya yang biasanya dilakukan oleh lembaga pemerintah dan juga lembaga swasta bersumber dari pendapatan daerah maupun pungutan resmi sebagai pengganti pajak dari masyarakat yang memanfaatkan jasa dan bangunan, misalnya Pasar, jalan toll, jembatan layang, pelabuhan, stasiun dan sebagainya.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Membuat akan membuka peluang usaha pastinya akan memerlukan modal sebagai pegangan utama, modal ini yang akan membuat pengusaha akan mudah memulai usahanya sendiri maupun secara bersama-sama. namun jika modal tersebut dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya maka bisa melakukan beberapa cara dibawah ini

 

1. Kreditur dari Perbankan
Salah satu cara yang banyak dimanfaatkan oleh pebisnis adalah meminjam modal dari perbankan, karena cara ini dirasakan paling mudah dan juga aman oleh pebisnis. apalagi banyak bank yang memberikan penawaran menarik untuk para pebisnis dengan program mendukung pebisnis untuk bisa berkembang, misalnya dengan program KUR. syarat yang dibuat oleh kreditur juga tidak memberatkan pebisnis, bahkan terkadang bank yang akan mendatangi pebisnis supaya mau bekerja sama dengan mereka.

 

2. Mendapatkan Investor
Cara mendapatkan modal usaha selanjutnya yang bersumber dari pendanaan investor, sumber modal ini biasanya merupakan usaha yang membutuhkan modal yang besar untuk bisa mengembangkan usaha tersebut dengan perjanjian bagi hasil sesuai kesepakatan, maka dari itu jika ingin dilirik oleh investor harus memiliki badan usaha yang baik dalam keuangan dan juga kesehatan perusahaan.

 

3. Menjual Aset Pribadi
Cara mendapatkan modal paling aman adalah dengan menjual aset yang dimiliki oleh pebisnis namun disesuaikan dengan kebutuhan usahanya. menjual aset untuk usaha juga mengurangi resiko dari sengketa usaha dan juga menyingkirkan rasa ingin berhutang. namun sebelum menjual aset lebih baik menyusun strategi bisnis terlebih dahulu supaya mengurangi resiko kerugian.

 

4. Meminjam Modal Dari Orang Terdekat
Cara mendapatkan modal yang berlaku jika kepepet yaitu dengan meminjam kepada orang terdekat seperti saudara, teman hingga orang tua, meskipun cara ini paling banyak dilakukan oleh pebisnis pemula namun cara ini juga memiliki resiko ketika modal tersebut diminta oleh pemilik uang namun usaha yang Anda jalani belum membuahkan hasil.

 

5. P2P Lending

Cara mendapatkan modal yang paling efektif yang banyak dilakukan oleh anak milenial yang sedang membangun startup sebagai jenis usahanya ini dapat dilakukan tanpa harus sibuk mencarinya, karena P2P Lending ini biasanya muncul pada saat ada event atau workshop tentang kewirausahaan maupun dari website yang memang digunakan untuk mencari perusahaan atau startup yang sedang membutuhkan modal usaha.

Nah, itulah beberapa cara dan juga penjelasannya ketika Anda ingin mendapatkan modal usaha, namun harus berhati hati dalam memilih strategi untuk mendapatkan modal tersebut ya.