Categories
tips bisnis

Tips Untuk Bikin Cafe yang Instagramable

Kesempatan berbisnis di bidang kuliner memang tidak pernah ada matinya, apalagi semakin hari semakin banyak variasi makanan dan minuman yang dapat dikembangkan. Selain itu memang peluang bisnis kuliner sangat menjanjikan, nah salah satunya adalah membuka sebuah cafe.

Usaha cafe ini sekarang sedang sangat digemari, apalagi di zaman ini banyak anak muda yang menyenangi nongkrong di cafe. Selain itu, belakangan cafe juga kerap digunakan untuk melakukan meeting, ulang tahun atau acara lainnya. Perkembangan dari bisnis cafe ini dapat dikatakan sangat cepat.

Bahkan hampir di kota-kota besar terdapat satu cafe yang pasti akan menjadi favorit anak muda yang memang tinggal di kota tersebut. Jika dilihat dari segi bisnis, memiliki cafe memang terlihat menggiurkan karena keuntungannya yang lumayan besar. Apalagi di zaman sekarang, bisnis cafe pangsa pasarnya sangat kuat, sehingga terkesan tidak akan surut dengan banyaknya peminat.

Apalagi jika kamu mampu memberikan menu makanan dan minuman yang enak, harga ramah di kantong dan tempat nyaman serta ada spot-spot untuk berfoto. Sebab, seperti yang diketahui bersama, jika sekarang ini generasi muda senang mengabadikan momen-momen mereka dan mengunggahnya ke sosial media. 

Tips Membangun Bisnis Cafe

Sekarang ini usah cafe sangatlah digemari, tentunya bila kamu juga memiliki niat untuk membuka cafe. Maka tidak ada salahnya untuk membaca beberapa tips dibawah ini sebelum menjalankan niat tersebut :

  • Memilih tempat yang nyaman dan aman

Hal pertama yang direkomendasikan ketika akan membangun bisnis cafe supaya ramai dengan pengunjung, yaitu menentukan lokasi pembangunan/pembukaan cafe. Kamu harus memilih tempat yang ramai dan strategis, seperti dekat dengan kampus, kos-kosan, di dekat mall atau sejenisnya.

Jadi, sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan observasi terlebih dahulu pada lokasi-lokasi yang memang sudah diincar sebelum memutuskan untuk membuka cafe. Setelahnya, kamu juga harus memastikan bila area tersebut nyaman dan aman, sehingga pelanggan yang datang menjadi betah. 

  • Memilih konsep yang nyaman

Ketika kamu memutuskan untuk membuka sebuah Cafe, kenyamanan merupakan salah satu hal yang penting untuk diterapkan agar pelanggan yang datang menjadi betah dan selalu kembali untuk menikmati menu hidangan yang kamu sajikan di cafe tersebut.

Kenyamanan ini bisa berupa penempatan dari kursi maupun meja atau bisa juga menggunakan konsep lesehan, karena memang konsep yang satu ini banyak disukai oleh orang-orang yang ingin bersantai dengan lebih nyaman.

Kamu juga bisa memberikan hiasan pada dinding seperti menyewa seseorang yang pandai membuat lukisan mural di mana tema dari lukisan tersebut tentunya menampilkan ciri khas Cafe milikmu.

  • Memilih perlengkapan

Selain menggunakan konsep lesehan, desain interior juga sangat berperan dalam penilaian pengunjung terhadap kafe. Untuk menciptakan desain interior yang menarik, kamu tidak harus menggunakan peralatan yang mewah. Namun, cukup menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan tema yang ingin diselenggarakan oleh kafe tersebut. 

Dengan begitu tidak akan ada kesan kontras antara subjek serta peralatan yang nantinya digunakan. Beberapa perlengkapan tambahan, seperti lukisan atau kata-kata yang berisi kutipan-kutipan unik, tentunya akan menjadi nilai tambah.

Selain itu peralatan makan yang digunakan juga menggunakan peralatan makan yang menarik sehingga membuat orang ingin berkunjung. Desain interior yang tampan juga membuat kafe ini menarik perhatian, populer di kalangan muda pegiat media sosial.

  • Membeli bahan baku

Tujuan dari trik ini adalah untuk menghemat uang. Hal ini dicapai dengan membeli bahan baku makanan dan minuman dari grosir. Toko grosir biasanya akan menawarkan harga yang lebih murah. Juga, grosir dapat membeli dalam jumlah besar. 

Mengingat bisnis cafe selalu ramai, tentu lebih tepat membeli bahan makanan dan minuman dalam jumlah besar. Selalu jaga agar persediaan bahan selalu konstan untuk menghindari kehabisan bahan dan tidak memuaskan keinginan pengunjung kafe. Sebab, sebanyak mungkin bahan baku disiapkan agar semua pelanggan bisa terlayani.

  • Membuat menu

Biasanya, setiap kafe atau restoran memiliki satu atau dua menu yang menjadi andalan tempat makan. Menu andalan ini merupakan menu yang hanya dijual di kafe dengan mengedepankan kelezatan otentik dan cita rasa yang tinggi. Jadi selalu siapkan setidaknya satu atau dua menu utama dalam bisnis yang akan didirikan.

  • Menerapkan strategi marketing

Ketika kamu telah memutuskan untuk membangun sebuah bisnis apapun itu, termasuk usaha cafe. Tentunya kamu harus bisa menerapkan strategi marketing secara tepat agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik, bahkan berkembang.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial, misalnya Instagram, Facebook, Twitter atau TikTok untuk mempromosikan keberadaan cafe yang kamu miliki tersebut supaya banyak didatangi oleh pelanggan.

Selain itu kamu juga bisa memberikan fasilitas-fasilitas khusus untuk pelanggan yang datang ke cafe, dengan syarat mereka sudah mem-follow/ subscribe akun dari bisnis cafe tersebut. 

Nah, demikianlah tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuka bisnis cafe yang bisa memberikan keuntungan besar dan pastinya dengan pemasaran yang baik, cafe tersebut dapat berkembang.